Rabu, 16 Maret 2016

TUGAS SOFTSKILL KE -1 "IMPLEMENTASI KOMPUTASI MODERN"

Nama            : AHMAD HANIF
NPM             : 50412443
Kelas             : 4IA23
Dosen            : Dr. Rina Noviana, SKom,. MMSI
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika


Pengertian Komputasi
Komputasi adalah algoritma yang digunakan untuk menemukan suatu cara dalam memecahkan masalah dari sebuah data input. Data input disini adalah sebuah masukan yang berasal dari luar lingkungan sistem. Komputasi ini merupakan bagian dari ilmu komputer berpadu dengan ilmu matematika. Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains).

Dalam penggunaan secara umum, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar terhadap bidang ilmu yang mendasari teori ini. Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi.

Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.


Pengertian Komputasi Modern
Komputasi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang cara-cara untuk memecahkan suatu masalah terhadap data input dengan sebuah algoritma. Data input disini adalah sebuah masukan yang berasal dari luar lingkungan sistem. Komputasi ini merupakan bagian dari ilmu komputer berpadu dengan ilmu matematika.

Komputasi modern bisa disebut sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory, memory disini bisa juga dari memory komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi :
  1. Akurasi
  2. Kecepatan
  3. ProblemVolume Besar
  4. Modelling
  5. Kompleksitas


Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan dari Komputasi modern adalah setiap aktivitas baik itu perkantoran, pendidikan, perdagangan dan lain-lain akan berjalan dengan tersetruktur dan akan tertata dengan rapi. karena dengan adanya komputasi modern akan depat mendokumentasikan, atau merekam segala kegiatan dengan cepat, aman, dan rapi. sehingga akan mempermudah dalam mengolah data-data yang diperlukan. sedangkan kekurangannya adalah biaya yang digunakan cukup mahal untuk membangun komputasi modern, selain itu akan dibutuhkan tenaga ahli untuk bekerja di bidang komputasi modern, dengan demikian akan mengurangi lapangan pekerjaan bagi yang kurang memiliki kemampuan dalam bidang ini.


Implementasi Komputasi dibidang Ilmu Fisika
Fisika komputasi pada dasarnya adalah menyelesaikan problem-problem fisika yang tidak dapat diselesaikan secara analitis dengan melakukan pendekatan numerik berdasarkan teori yang sudah ada. Pendekatan numerik tersebut umumnya dilakukan dengan bantuan komputer dan menggunakan bahasa pemrograman tertentu, seperti Pascal, Python, C, C++, Fortran dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan tidak semua problem matematik dapat diselesaikan oleh komputer secara langsung. Problem matematik yang rumit, perlu diubah terlebih dahulu ke bentuk operasi aritmatika ke penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sederhana agar dapat dikalkulasi oleh komputer. Pengubahan/penurunan tersebut dikenal dengan sebutan pendekatan numerik, di mana hasil perhitungannya identik dengan adanya nilai error.

Problem matematis yang perlu penurunan dengan metode numerik oleh komputer antara lain: problem diferensiasi, integrasi, pencarian akar persamaan polinomial orde tinggi, eigenvalue matrik, boundary value dan lain sebagainya.


Impelementasi Komputasi Pada Bidang Ilmu Geologi
Geologi adalah Ilmu (sains) yang mempelajari bumi, komposisinya, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, dan proses pembentukannya. Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.

Pada bidang geologi teori komputasi biasanya digunakan untuk pertanian, sebuah sistem komputer digunakan untuk menganalisa pemetaan lahan. Adapun penemuan yang dihasilkan dari komputasi bidang geologi adalah Sistem Informasi Geografis atau Geographic Information System (GIS).


Contoh Tentang Aplikasi GIS Untuk Kegiatan Pemantuan Budidaya Pertanian.
Sebagai contoh dengan penggunaan aplikasi GIS kita dapat mengetahui keadaan tanaman, parameter tanah, informasi mengenai lingkungan tumbuh di lapang, mendeteksi pertumbuhan tanaman, kadar air tanah dan tanaman, hama dan penyakit tanaman, pemetaan sumber daya, irigasi, mengetahui kebutuhan pupuk, menentukan posisi lahan, monitoring lingkungan dan lain sebgainya.

GIS juga dapat digunakan untuk membuat peta persebaran tanaman pangan dalam suatu wilayah, peta persebaran komoditi hortikultura, jenis tanah, dan lain sebagainya.

Sumber : 
http://oolish.blog.uns.ac.id/komputasi/
http://michael-hadi.blogspot.co.id/2015/04/teori-komputasi-dan-implementasi-dalam.html
http://bintorobagus.blogspot.co.id/2015/03/komputasi-modern.html
http://ipenk24fajrin.blogspot.co.id/2013/05/komputasi-modern.html
http://mihanasakurai.blogspot.co.id/2015/04/abstraksi-oky-riyani.html
http://mihanasakurai.blogspot.co.id/2015/04/abstraksi-oky-riyani.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar