Jumat, 15 April 2016

TUGAS SOFTSKILL KE - 2 "PERUSAHAAN YANG MENYEDIAKAN CLOUD COMPUTING"

Cloud Computing
Nama         : Ahmad Hanif
NPM          : 50412443
Kelas          : 4IA23
Dosen         : Dr. Rina Noviana, SKom,. MMSI
Mata Kuliah  : Pengantar Komputasi Modern

Secara umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.
Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

Contoh perusahaan yang menggunakan cloud computing :

1. Telkom cloud
Telkom Group adalah satu-satunya BUMN telekomunikasi serta penyelenggara layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. Telkom Group melayani jutaan pelanggan di seluruh Indonesia dengan rangkaian lengkap layanan telekomunikasi yang mencakup sambungan telepon kabel tidak bergerak dan telepon nirkabel tidak bergerak, komunikasi seluler, layanan jaringan dan interkoneksi serta layanan internet dan komunikasi data. Telkom Group juga menyediakan berbagai layanan di bidang informasi, media dan edutainment, termasuk cloud-based and server-based managed services, layanan e-Payment dan IT enabler, e-Commerce dan layanan portal lainnya.
Layanan yang disediakan oleh telkom cloud adalah :

1. Infrastructure as a Service (IAAS)
Layanan TelkomCloud IaaS merupakan bagian dari layanan cloud computing Telkom yang memungkinkan pelanggan mendapatkan sumber daya komputasi (compute) dan penyimpanan data (storage) melalui jaringan Internet maupun private WAN.
Dengan menggunakan sumber daya compute dan storage tersebut, pelanggan dapat menjalankan aplikasi yang dimilikinya tanpa perlu memikirkan penyediaan hardware maupun fasilitas data center sehingga manfaat dari teknologi informasi dapat diperoleh dengan lebih mudah dan lebih cepat. Hal ini dapat memberikan keuntungan antara lain berupa kemampuan pelanggan untuk menangkap peluang bisnis lebih cepat (faster time-to-market), meningkatkan fokus pada core business maupun efisiensi biaya dalam penggunaan sistem teknologi informasi.

2. Virtual Server
·         TelkomVPS adalah sebuah layanan yang memungkinkan pelanggan untuk memiliki server Windows Server 2008 secara virtual ‘virtual private server’, di mana pelanggan dapat menginstal aplikasi, melakukan partisi, melakukan reboot selayaknya dedicated server sesuai dengan kebutuhannya.
·         vMachine adalah layanan virtual server yang diberikan dalam bentuk virtual machine (vMachine) dengan konfigurasi CPU dan RAM yang tertentu (fixed configuration) serta kapasitas storage yang dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan (expandable).

3. Software as a Service (SAAS)
            Software as aService (SaaS) adalah suatu model penyampaian aplikasi perangkat lunak dimana pelanggan membayar untuk mengakses dan menggunakan aplikasi yang dioperasikan (baik secara mandiri maupun melalui pihak ketiga) untuk digunakan oleh pelanggannya melalui Internet.
TelkomCloud SaaS adalah solusi terintegrasi yang menyediakan layanan aplikasi serta infrastruktur IT melalui cloud. Dapatkan pelayanan sempurna dengan menggunakan aplikasi dan infrastruktur yang membantu perusahaan Anda dalam mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya.

2. Xlcloud
XL sebagai operator penyedia jasa telekomunikasi selular terdepan di Indonesia menyediakan beragam layanan dengan berbasis teknologi jaringan GSM. Komitmen XL untuk terus memberikan kualitas layanan yang handal dan tepat guna akan kebutuhan pelanggan dilakukan secara konsisten dan berkesinambungan.
Salah satu solusi layanan yang telah dikembangkan XL dalam mempermudah anda dalam aktifitas dan bisnis pribadi atau koporat adalah dengan menggunakan teknologi Cloud Computing atau Komputasi Awan.
Layanan yang disediakan oleh xlcloud:



  •     Infrastruktur as a Services (IaaS)

Infrastruktur as a Services adalah adalah sebuah servis dari komputasi awan dimana anda dapat menggunakan infrastruktur IT dalam virtual atau melalui internet, seperti komputer, server, storage atau yang lainnya. Anda bisa definisikan seberapa besar atau spesifikasi dari infrastruktur IT yang anda inginkan. Sebagai contoh adalah anda menyewa komputer virtual, dimana anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan anda.
  • .      Platform as a Services (PaaS)

Platform as a Services adalah sebuah servis dari komputasi awan dimana anda dapat mendapatkan sebuah platform berikut sistem operasi, network, database engine, framework aplikasi, serta yang lainya. Anda dapat menjalankan aplikasi yang anda buat di platform tersebut. Anda tidak perlu bingung untuk menyiapkan platform dan memelihara platform karena servis platform ini menjadi tanggung jawab dari penyedia layanan.
  • .     Software as a Services (SaaS)

Software as a Services adalah sebuah servis dari komputasi awan dimana anda dapat menggunakan software (perangkat lunak) yang telah disediakan melalui virtual atau internet. Dalam perkembangan teknologi komputasi awan ini, software yang dulu hanya anda bisa gunakan dengan melakukan instalasi pada komputer anda, sekarang anda bisa menggunakannya melalui internet.

Produk yang ditawarkan oleh xlclud:
1. XCloud Server
Fasilitas yang sediakan :
·         Pilih jenis server maupun kapasitas sesuai kebutuhan anda
·         Server anda siap hanya dalam hitungan menit
·         Virtualisasi dengan menggunakan teknologi VMware
·         Akses online untuk pengaturan dan open API
·         Koneksi network dengan high availability ke Tier-1 backbone internet global
2. XCloud Storage
Fasilitas yang sediakan :
·         Storage dengan performa tinggi dan redundan yang dapat diakses secara online berbasiskan teknologi SAN
·         Kapasitas dapat disesuaikan dengan cepat dan mudah
·         Dapat menyimpan file dari yang berukuran kecil sampai dengan 5 GB
·         Koneksi network dengan high availability ke Tier-1 backbone internet global
3. Free 2 GB
XCloud menyediakan layanan terbaru bagi pelanggan XL yang menggunakan smartphone Android untuk menyimpan data di cloud storage dengan berbagai kemudahan.
Sumber:

1 komentar:

  1. di Indonesia sendiri sudah makin banyak Provider cloud computing, juga usernya. Berkat kebijakan permerintah untuk para user dan provider menyimpan data di indonesia, karena takut akan perentasan data-data penting. tapi ada beberapa perusahaan cloud computing yang joint venture dengan perusahaan luar, tapi tetap bertempat di dalam negeri, seperti Biznet Gio Cloud. kerja sama dengan Internet Initiative Japan.

    BalasHapus